Get in touch

Tau gak sih kalo Troline diambil dari bahasa Jawa Troli-nya. HEHE



Email Kami

hei@troline.id

Troline's

Privacy Policy

Komitmen Privasi


PT Troline Anak Indonesia (“Troline”) berkomitmen untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Penggunanya.

Kebijakan Privasi ini menetapkan dasar atas segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna yang Pengguna berikan kepada Troline atau yang Troline kumpulkan dari Pengguna maupun pihak ketiga (selanjutnya disebut sebagai "Data Pribadi").
Data Pribadi dapat diberikan ke ataupun dikumpulkan dari situs www.troline.id , melalui halaman jejaring sosial resmi kami yang kami kendalikan ("Media Sosial"), pesan email dengan format HTML yang kami kirimkan, situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai Troline (selanjutnya secara kolektif disebut sebagai "Situs").

Kebijakan Privasi ini merupakan bagian integral dari Syarat dan Ketentuan kami. Jika ada perbedaan antara Kebijakan Privasi ini dan Syarat dan Ketentuan kami sehubungan dengan masalah privasi, ketentuan Kebijakan Privasi ini yang akan berlaku.

Dengan mengklik “Setuju” atau pernyataan serupa yang tersedia di Situs, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data Pribadi Pengguna merupakan data yang benar dan sah. Pengguna mengakui bahwa ia telah diberitahukan dan memahami ketentuan Kebijakan Privasi ini serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Troline untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi.


1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi


Troline melakukan pengumpulan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

1.1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:

    1. membuat atau memperbarui akun Troline, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna;
    2. menghubungi Troline atau perwakilan resmi dari Troline melalui layanan pelanggan (customer service) dalam Situs, email, dan media komunikasi resmi lainnya;
    3. mempergunakan layanan-layanan pada Situs, termasuk data transaksi yang detail, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan yang dibeli, alamat pengiriman, metode pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detail transaksi lainnya;
    4. mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui Situs, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet banking, gerai ritel;
    5. mengisi data-data detail mengenai alamat pengiriman, termasuk namun tidak terbatas pada data alamat lengkap, titik koordinat lokasi berupa longitude latitude, nomor telepon, dan nama yang tercantum saat melakukan penyimpanan data di Situs Troline; dan/atau
    6. menggunakan fitur pada Situs yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna.

1.2. Data yang terekam saat penggunaan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan geolocation;
    2. waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan Situs, termasuk waktu pendaftaran, login dan transaksi;
    3. penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Situs, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Dimana data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
    4. perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Situs dan detail yang terkait dengan perangkat; dan/atau
    5. catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Situs.

1.3. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. geo-location (GPS) dari afiliasi Troline yang turut membantu Troline dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs kepada Pengguna;
    2. email, nomor telepon, nama, gender, dan/atau tanggal lahir dari afiliasi Troline yang dimana tempat Pengguna membuat atau mengakses akun Troline, seperti layanan media sosial, atau Situs yang menggunakan application programming interface (API) Troline atau yang digunakan Troline;
    3. data dari penyedia layanan finansial ; dan/atau
    4. email dari penyedia layanan pemasaran.

Troline dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.


2. Penggunaan Data Pribadi


Troline dapat menggunakan Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam Bab 1 untuk hal-hal sebagai berikut:

2.1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs;

2.2. Penyediaan fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan Troline, termasuk:

    1. menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan melalui Situs;
    2. memungkinkan fitur untuk mempribadikan (personalised) akun Troline Pengguna, seperti Keranjang Belanja, Wishlist dan Produk Favorit; dan/atau
    3. melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Situs Troline, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.

2.3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan , diantaranya untuk:

    1. memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
    2. mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan;
    3. mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan Troline;
    4. menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan metode komunikasi resmi lainnya, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan Data Pribadi Pengguna;
    5. menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada Situs, serta mengembangkan fitur dan produk baru; dan/atau
    6. menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan informasi lainnya, baik melalui Situs maupun melalui media lainnya. Troline juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Troline dan afiliasinya.

2.4. Melakukan pengawasan ataupun investigasi terhadap transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut.

2.5. Dalam keadaan tertentu, Troline mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Troline, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data

2.6. Memfasilitasi transaksi penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi yang melibatkan Troline.


3. Pengungkapan Data Pribadi


3.1. Troline berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Troline dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

    1. dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada afiliasi atau pihak ketiga lain yang membantu Troline dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada Situs dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, promosi, dan pengiriman produk.
    2. Troline dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada afiliasi sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan afiliasi, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana Troline telah bekerjasama untuk menyelenggarakan promosi, atau perlombaan
    3. dibutuhkan adanya komunikasi antara afiliasi Troline (seperti penyedia logistik, pembayaran dan penyedia fitur atau fasilitas layanan lainnya) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
    4. Troline dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga yang menggunakan dan mengintegrasikan API publik yang disediakan oleh Troline (termasuk namun tidak terbatas pada penyedia layanan afiliasi Troline) dengan aplikasi atau situs yang dioperasikannya untuk kepentingan penyelesaian transaksi antara Pembeli dan Troline pada Situs atau tujuan penggunaan Data Pribadi lainnya yang telah disebutkan pada Bab 2 Kebijakan Privasi ini.
    5. Troline dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma/lembaga riset, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga, peningkatan dan pemeliharaan kualitas layanan Troline, serta kegiatan publikasi lainnya.
    6. Pengguna menghubungi Troline melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs, yang mana komunikasi antara Pengguna dan Troline tersebut dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai.
    7. Troline dapat membagikan Data Pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Troline.
    8. Troline dapat mengungkapkan dan/atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan analisis kelayakan kredit Pengguna.
    9. Troline mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang.

3.2 Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, Troline akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait Troline, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.


4. Cookies


4.1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.

4.2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.

4.3. Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat menghambat tersedianya layanan Troline secara optimal pada saat Pengguna mengakses Situs).

4.4. Troline menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data yang Troline peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Pengguna dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna, akan Troline gunakan untuk pengembangan fitur, fasilitas, dan/atau konten yang terdapat pada Situs Troline.

4.5. Jika Pengguna tidak ingin data miliknya terlacak oleh Google Analytics, Pengguna dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser yang dapat diakses di http://tools.google.com/dlpage/gaoptout.

4.6. Troline dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten Troline, termasuk diantaranya ialah penilaian, penyesuaian, dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan.

4.7. Jika Pengguna tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Pengguna dapat mengaturnya melalui browser Pengguna.


5. Pilihan Pengguna dan Transparansi


5.1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi Troline tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Troline pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Troline pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya.

5.2. Setelah transaksi jual beli melalui Situs berhasil, Pengguna memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian dan ulasan. Informasi ini mungkin dapat dilihat secara publik dengan persetujuan Pengguna.

5.3. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur pengaturan pada Situs.

5.4. Pengguna diberikan opsi “opt-out” untuk menarik diri dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, informasi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh Troline melalui fitur pengaturan pada Situs. Troline tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Pengguna.

5.5. Pengguna diberikan opsi “opt-out” untuk meminta Data Pribadi Pengguna tidak digunakan untuk keperluan yang tidak bersangkutan secara langsung dengan penyelesaian pesanan. Hal ini meliputi pengiriman informasi produk, sample, email promosi, dan lain halnya yang disebutkan dalam Penggunaan dan Pengungkapan Data. Bila Pengguna berencana untuk “opt-out”, Pengguna dapat menyampaikan kepada Troline melalui email di support@troline.id atau sebagaimana disebutkan di Bab 10.

5.6. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi Troline untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Situs maupun layanan Troline lainnya.


6. Keamanan Data Pengguna


Troline akan melakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa data yang direkam, termasuk informasi pribadi, data kartu kredit, kata sandi, dan informasi rahasia apa pun, tidak akan diungkapkan, dialihkan, diberikan kepada, atau digunakan secara ilegal oleh orang yang tidak berwenang. Namun perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, Troline tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada Troline oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.


7. Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna


7.1. Data Pribadi Pengguna juga dapat disimpan atau diproses di luar negara oleh pihak yang bekerja untuk Troline di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi Troline. Dalam hal tersebut, Troline akan memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen Troline dalam Kebijakan Privasi ini.

7.2. Troline akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Troline apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

7.3. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal kami membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Troline, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut.


8. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna atau Penarikan Kembali Persetujuan


8.1. Troline mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu Troline secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Troline.

8.2. Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Troline melalui layanan pelanggan Troline yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh Troline apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut.

8.3. Troline berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang Troline miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku dan pertimbangan Troline.

8.4. Troline dapat membebankan biaya administrasi kepada Pengguna untuk menangani permintaan Pengguna untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna.

8.5. Pengguna dapat menarik persetujuan yang telah Pengguna berikan terkait dengan pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Troline dengan mengirimkan permintaan tersebut melalui layanan pelanggan Troline yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. Troline akan memproses permintaan Pengguna dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak memproses Data Pribadi Pengguna sesuai dengan permintaan awal Pengguna, kecuali diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8.6. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, Troline mungkin tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan setiap perjanjian antara Pengguna dengan Troline. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan Troline tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya oleh karena Pengguna menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara Pengguna dan Troline menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan.


9. Pertanyaan dan Permasalahan Mengenai Situs atau Kebijakan Privasi


9.1. Jika kartu kredit, nama pengguna, atau kata sandi Anda hilang, dicuri, atau digunakan tanpa izin, Pengguna harus segera menghubungi kami melalui Layanan Pelanggan kami di Whatsapp +62 899 013 7888 dan/atau mengirim email ke support@troline.id sebagaimana disebutkan di Bab 10. Pengguna akan diminta untuk menjelaskan identitas untuk keperluan verifikasi.

9.2. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan Troline terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi Troline melalui layanan pelanggan Troline atau sebagaimana disebutkan di Bab 10 ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.

9.3. Troline akan dengan senang hati menerima kritik dan saran serta menanggapi segala keluhan sebaik dan sesegera mungkin.


10. Hubungi Kami


10.1. Untuk kendala dan keadaan yang bersifat darurat bisa menghubungi melalui WhatsApp +62 899 013 7888 atau Customer Service Chat; dan/atau

10.2. Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya melalui email support@troline.id.


11. Changes in the Privacy Policy


Troline dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Troline menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs maupun layanan Troline lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.

Back To Top